BANTU PENGUSAHA KECIL DAN MIKRO BERKEMBANG, BAZNAS KOTA BANDUNG SERAHKAN BANTUAN MODAL USAHA.


11 Oct 2021

BANDUNG— BAZNAS Kota Bandung serahkan bantuan modal usaha kepada 50 penerima manfaat pengusaha kecil dan mikro, Jumat (8/10) di Aula Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung. Bantuan modal usaha ini, merupakan bagian dari progam BAZNAS Kota Bandung, yaitu Bandung Makmur.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai untuk pengembangan usaha yang sudah jalankan penerima manfaat. Setiap bulannnya BAZNAS Kota Bandung membuka pengajuan bantuan usaha dengan kuota 50 penerima manfaat. Pengajuan dilakukan secara online melalui link pengajuan yang dibuka setiap awal bulan.

Penanggung jawab progam Bandung Makmur, Telly Rosdian mengatakan, ada kriteria untuk penerima yang akan mendapatkan bantuan modal ini, diantaranya sudah memiliki usaha yang berjalan minimal dua tahun dan belum mendapatkan bantuan pemerintah. “Kita membuka untuk 50 penerima manfaat setiap bulannya, dan itu ada kriteria-kriteria yang akan kita bantu, diantaranya sudah memiliki usaha yang berjalan minimal 2 tahun dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah..” ujarnya.

Telly Rosdian juga menambahkan, pengajuan yang masuk akan diseleksi dan diverifikasi untuk memastikan penerima manfaat yang mengajukan bantuan, benar dan layak untuk menerima bantuan modal usaha ini. Selain itu, dalam 3 bulan BAZNAS Kota Bandung akan terus melakukan monitoring kepada penerima manfaat, melalui formulir laporan yang diberikan. Pengaju yang tidak lolos dibulan ini, tetapi layak menerima manfaat akan dipanggil kembali, dan berkesempatan mendapatkan bantuan dibulan berikutnya.

Besaran bantuan yang diberikan tergantung rancangan anggaran biaya untuk setiap usaha yang dilakukan penerima manfaat. Diharapkan dengan bantuan ini penerima manfaat bisa terus mengembangkan usahanya. Salah satu penerima manfaat, Andri, warga Kecamatan Sarijadi mengaku senang mendapatkan bantuan modal usaha ini, penjual kopi dan jajanan ini berharap keberkahan dalam usaha yang dia jalankan “mudah-mudahan berkah itu aja yang penting mah”. Andri juga berkeinginan untuk berbagi bila usahanya berkembang “Insyaallah, saya juga ingin berbagi dan sodakoh (Sedekah)” sahutnya.

Program

Bandung Sehat

Bandung Taqwa

Bandung Cerdas

Bandung Makmur

Bandung Peduli