UPGRADING UPZ, MOTIVASI UPZ MAKSIMALKAN POTENSI ZAKAT DI KOTA BANDUNG


12 Oct 2021

BANDUNG— Sebanyak 11 perwakilan UPZ dari 11 Kecamatan di Kota Bandung hadir sebagai peserta dalam upgrading UPZ yang digelar oleh BAZNAS Kota Bandung, pada hari Sabtu (9/10) di Aula Kantor Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Dalam acara tersebut peserta mendapatkan materi mengenai strategi pengelolaan ZIS (zakat, infaq, sedekah) dari para pemateri sesuai bidangnya masing-masing antara lain materi tentang Pendistribusian dan pendayagunaan zakat, oleh  Wakil Ketua II BAZNAS Kota Bandung, Irfan Farid Taufiq, dilanjutkan materi tentang pengelolaan SDM, adminstrasi dan umum oleh Wakil Ketua IV Arif Ramdani, dan Wakil Ketua III BAZNAS Kota Bandung, Dudit Setiadi yang membawakan materi perencanaan, keuangan dan pelaporan.

Peserta sangat antusias dan mengikuti acara hingga tuntas dari pagi hingga sore hari. Wakil Ketua II BAZNAS Kota Bandung, Irfan Farid Taufiq menyampaikan dalam sambutannya, UPZ mestinya tidak hanya aktif Ketika bulan Ramadhan saja, tetapi bisa aktif diluar bulan Ramadhan yaitu sepanjang tahun, sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bapak ibu yang dimulyakan Allah, bagaimana kita tahu UPZ yang ada pada saat ini, biasanya masa aktifnya, bukan masa berlakunya SK-nya, tapi masa aktifnya hanya dibulan ramadhan, nah kita ingin tentu saja UPZ-UPZ kita yang ada pada saat ini, aktif bukan hanya dibulan ramadahan, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada disekitar kita, sehingga kita bisa memperkecil angka kemiskinan dengan menigkatkan peran UPZ di tingkat kecamatan” ujarnya.

Wakil Ketua III BAZNAS Kota Bandung, Dudit Setiadi menambahkan, upgrading ini merupakan pembekalan untuk UPZ, diharapkan UPZ  yang ada bisa beroperasi selama setahun penuh dan mengikuti regulasi yang sudah ada, sehingga bisa mengoptimalisasi pengumpulan dan penyaluran, hingga pemerataan, Dudit menyakini ini bisa terjadi jika UPZ yang ada bisa berdaya

“Acara ini merupakan pembekalan kepada para pengurus UPZ, dan BAZNAS menginginkan para UPZ bisa beroperasi setahun penuh, dan mengikuti regulasi-regulasi yang ada. Selama ini kan hanya ketika ramadhan saja, kita berharap ini bisa aktif setahun, agar apa ? pertama adalah optimalisasi pengumpulan dan yang kedua optimalisasi penyaluran termasuk pemerataan, dan kami yakin ini akan lebih optimal bila UPZ-UPZ berdaya, makanya kami memulai bekali mereka, terutama bagaimana tata Kelola UPZ yang sesungguhnya, bukan hanya tumbuh setahun sekali.” Ucapnya.

Ketua UPZ Kecamatan Ujung Berung, DR. Zamzam mengatakan, setelah mengikuti upgrading UPZ dari BAZNAS Kota Bandung mengaku termotivasi untuk mengoptimalkan potensi zakat yang besar di Kota Bandung.

“selama ini  kami  dari UPZ hanya mendistribusikan dari zakat fitrah, kami berharap, bagaimana supaya UPZ itu bukan hanya mengumpulkan dan mendistribuskan dari zakat fitrah saja, zakat mal yang potensinya amat besar di Ujung Berung khusunya dan Kota Bandung umunya, tentunya ini akan betul-betul berhasil menuntaskan kemiskinan, bahkan betul-betul kinerja unit pengumpul zakat maksimal.” Ucapnya.

Zamzam juga berharap, tim UPZ Kecamatan Ujung Berung tetap solid, sehingga bisa memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga memberikan kesadaran untuk menitipkan zakat dan sedekahnya melalui UPZ “mudah-mudahkan tim kami tetap solid, sehingga bisa terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan penyadaran kepada agniya, sehingga bisa menyalukan zakat dan sodaqohnya kepada kami”. Tutupnya.

Program

Bandung Sehat

Bandung Taqwa

Bandung Cerdas

Bandung Makmur

Bandung Peduli