BAZNAS Kota Bandung Siap Maksimalkan ZX Sebagai Aplikasi Pelayan Umat


04 Apr 2022

BAZNAS Provinsi Jawa Barat bersama BAZNAS Kota Bandung dan Pemerintah Kota Bandung, menyelenggarakan Kick Off sahabat ZX Kota Bandung, pada senin, 4 april 2022 di Pendopo Kota Bandung. ZX merupakan sebuah  Superapps konvergensi kebutuhan dunia dan akhirat pertama di dunia yang diinisiatori BAZNAS Provinsi Jawa Barat.

Dengan Kick Off Kota Bandung sebagai sahabat ZX, Plt. Walikota Bandung Yana Mulyana  mendorong agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan Kota Bandung menggunakan ZX untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan bagi muzaki perorangan diluar institusi perangkat daerah, platform aplikasi ini membantu mempermudah pembayaran zakat, infak dan sedekah.

XZ merupakan superapps pertama didunia yang menggabungkan berbagai fitur kebutuhan dunia dan akhirat yang mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat. ZX memiliki fitur PPOB (Payment Point Online Bank), dimana masyarakat bisa melakukan pembayaran berbagai macam kebutuhan sehari-hari mulai  dari rekening listrik, pulsa, PDAM, tagihan internet dan tv kabel, serta segala kebutuhan lainnya yang umum dibutukan dimasa kini.

Fitur utama lainnya yang dikembangkan ZX adalah layanan SOS, ZX bekerja sama dengan seluruh pemerintah daerah, BAZNAS, LAZ, Masjid dan lembaga sosial lainnya untuk menyediakan berbagai kebutuhan darurat, seperti ambulan, mobil jenazah, oksigen, fogging DBD, dan lainnya yang dapat diakses oleh masyarakat semudah mengklik satu tombol di berbagai Aplikasi ZX. ZX juga menyediakan layanan lain yang relevan dengan kebutuhan masyarakat seperti layanan penceramah, guru ngaji konnselor pernikahan, bahkan taaruf.

Saat ini ZX berada di fase 1, dan masih akan terus dikembangkan fitur, fungsi dan teknologinya. Kedepan ZX juga akan memiliki fitur marketplace untuk menjual produk-produk UMKM yang dibina oleh BAZNAS setempat dan di fase 3 akan tersedia  layanan social-banking, dimana diharapkan akan menjadi tempat peer to peer empowering antara ummat dan sehingga mewujudkan mustahik (penerima zakat) menjadi muzaki (pembayar zakat) yang seara langsung berdampak pada ketahanan ekonomi umat islam.

Dengan melihat keunggulan yang dimiliki oleh ZX Superapps ini, BAZNAS Kota Bandung siap melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan aplikasi tersebut.

Ketua BAZNAS Kota Bandung, Dr. Akhmad Roqizin, menyampaikan dengan adanya aplikasi ZX, dapat meningkatkan penghimpunan zakat dan sedekah serta meningkatkan pelayanan untuk masyarakat Kota Bandung. “Dengan kehadiran aplikasi ZX diharapkan dapat meningkatkan penghimpunan zakat, infak dan sedekah di kota bandung sekaligus meningkatkan pelayanan masyarakat kota bandung secara lebih efektif dan efesien” Ucapnya.

Program

Bandung Sehat

Bandung Taqwa

Bandung Cerdas

Bandung Makmur

Bandung Peduli